Beriman kepada uluhiyah allah swt

Iman kepada uluhiyah allah adalah atau tauhid huluiyah adalah menyakini bahwa allah swt adalah sutu satunya illah yang hak untuk di ibadahi tanpa menyekutukannya.

Kata illah memiliki arti :

  1. Tentram
  2. Tenang
  3. Lindungan
  4. Rindu
  5. Cinta
  6. Dan sembah

Ini berarti bahwa allah merupakan satu satunya yang berhak dijadikan sebagai tempat mencari ketentraman, ketenangan perlindungan, memberikan kecintaan, untuk di agungkan di taati di takuti dan di ibadahi.  Jika ada seseorang yang menduakan dan menyembah selain allah adalahg termasuk syirik. Lihat firman allah :

Katakanlah: “jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. ( Qs At Taubah ; 24 )

Allah berfirman: “Janganlah kamu menyembah dua tuhan; sesungguhnya Dialah Tuhan Yang Maha Esa, maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut.” ( Qs An Nahl  ; 51 )

Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain). ( Qs yusuf ; 106 )