1. Pengertian konsumen

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

  1. Prilaku konsumen adalah

Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.

  1. Penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan setrategi pemasaran

Segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar berdasarkan kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari segmentasi adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau konsentrasi usaha pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut.  Sedangkan menurut Michael Richarme (2004), tujuan segmentasi adalah membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok yang berbeda sedemikan hingga pesan pemasaran dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok konsumen tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan karakteristik atau fitur produk yang berbeda, strategi promosi yang berbeda, strategi harga yang berbeda, bahkan mungkin saluran distribusi yang berbeda juga. Hal tersebut menunjukkan bahwa identifikasi atau analisis sebuah segmen pasar perlu dilakukan secara hati-hati, bahkan memerlukan metode riset dengan menggunakan teknik analisis yang rumit dan kompleks. Namun semuanya tetap disesuaikan dengan kondisi dan karaktersitik dari  perusahaannya. Identifikasi segmen pasar yang baik atau tepat harus memenuhi persyaratan yang mencakup.

(1) homogen di dalam segmen tersebut,

(2) heterogen antar segmen,

(3) segmen dapat diukur dan memang penting,

(4) segmen dapat dibedakan secara jelas dari segmen lainnya,

(5) segmen dapat diakses atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan, dan

(6) segmen dapat menjadi sasaran yang menguntungkan.

4. Factor factor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen untuk pembelian ulang suatu produk.

  1. Loyaliatas pada peroduk, Loyalitas konsumen secara umum dapat diartikan kesetiaan seseorang atas suatu produk, baik barang maupun jasa tertentu. Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan tersebut.
  1. 2.      Kualitas pada produk Kualitas menjadi salah satu tolok ukur penting terhadap kepuasanpelanggan untuk kembali membeli. Namun yang menjadi pertanyaan besar yang perlu dipecahkan “kualitas seperti apa sih yang sesunguhnya diinginkan oleh konsumen? Menyangkut poin apa saja?  Apa sajakah parameternya? Apakah produk yang memiliki estetika yang menarik sudah cukup memuaskan customer

Sumber:

http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2177045-pengertian-loyalitas-konsumen/#ixzz1bRBQnPPh

http://motoisme.wordpress.com/2011/08/26/pentingnya-kualitas-produk-1/