ABSTRAKSI

 

 

Seftiean Al Rasyid. 13209876

STUDI KELAYAKAN BISNIS PEMBUKAAN CABANG BARU RUMAH MAKAN SOTO MIE ASLI BOGOR PAK KADIR PI. Jurusan Manajemen , Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012

Kata Kunci : Studi Kelayakan Bisnis pembukaan cabang, Rumah Makan Soto Mie Asli Bogor

 

( x + 37 )

 

Berbagai macam jenis usaha khususnya usaha-usaha kecil yang mulai berkembang, mereka bersaing berusaha agar produk yang dihasilkan berkualitas baik agar di minati oleh konsumen.

Setelah dilakukan penelitian terhadap rumah makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir, dapat disimpulkan hasil pengujian layak dilanjutkan dengan hasil , NPV Rp 294.875.145 (positif), PP  3 tahun, 8 bulan, 13 hari < 5 tahun , PI 13,34 > 1, IRR 50,69 %  >13,5%.

 

Daftar Pustaka  ( 2000 – 2006 )

Latar Belakang Masalah

Disaat perkembangan usaha semakin pesat seperti sekarang ini banyak pengusaha yang bergerak dibidang jasa maupun dibidang perdagangan. Tujuan dilakukan studi kelayakan bisnis ini ditunjukan untuk melakukan penilaian dari kelayakan bisnis atau peroyek untuk menjadi masukan yang berguna karna dalam hal ini pengusaha perlu mengkaji berbagai aspek, seperti aspek pasar, aspek teknis, aspek organisasi dan manajemen, aspek lingkungan, dan aspek keuangan dengan detail sehingga dapat dijadikan dasar bagi investor untuk membuat keputusan investasi secara lebih objektif. Bedasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik mengambil judul “STUDI KELAYAKAN BISNIS PEMBUKAAN CABANG BARU RUMAH MAKAN SOTO MIE ASLI BOGOR PAK KADIR

 

 

 

Rumusan Masalah dan Batasan Masalah

  1. Apakah pembukaan cabang baru rumah makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir layak atau tidak untuk dijalankan ?
  2. Berapa lama jangka waktu pengembalian modalnya ?

Metodologi Penelitian

Metodelogi penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah :

Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah suatu usaha rumah makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir.

Data atau Variabel

Data penelitian yang digunakan adalah dana investasi, pendapatan, keuntungan dan perkiraan yang diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian, selaku pemilik usaha dengan mengamati atau mendatangi objek yang bersangkutan untuk dapat memperoleh data-data untuk bahan penulisan ilmiah ini.

Alat Analisis yang Digunakan

Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah Capital Budgeting atau penganggaran modal dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu :

  1. a.      Metode Payback Period

Metode payback period  adalah lamanya waktu yang diperlukan agar dapat menutup kembali seluruh pengeluaran investasi dengan menggunakan arus kas, yaitu dengan rumus :

Rumus       : PV Investasi  x 12 bulan

                         Proceed

  1. b.      Net Present Value

Yaitu selisih antara nilai sekarng arus kas masuk yang akan diterima diwaktu yang akan dating dengan arus kas keluar dengan rumus :

Rumus : NPV   = PV Proceed – PV Outlay

 

 

 

 

 

  1. c.       Profitabilitas Indeks

Yaitu membagi antara nilai sekarang arus kas masuk yang akan diterima diwaktu yang akan dating dengan arus kas keluar dengan rumus :

                                 Rumus    : PI  =  PV Proceed 

                                 PV Outlays

  1. d.      Metode Internal Rate of Return

Yaitu tingkat discount rate yang menjadi nilai sekarang arus kas masuk sama dengan arus kas keluar dengan rumus :

Rumus    : IRR=   P1-C1.P2-P1

                                                            C2-C1

Hasil penelitian

Berdasarkan hasil penelitian pembukaan cabang baru Rumah Makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir layak untuk dijalankan, hal ini diperkuat bedasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode Payback Period (PP), jangka waktu pengembalian modal investasi Rumah Makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir 3 Tahun, 8 Bulan, 13 hari. Perhitungan tersebut lebih cepat dari perkiraan pak kadir yaitu 5 tahun, maka investasi ini dapat diterima, dan  perhitungan dengan menggunakan Net Present Value (NPV), diketahui nilai investasi bernilai positif, yaitu sebesar Rp. 294.875.145.  maka investasi Rumah Makan Soto Mie Asli Bogor Pak Kadir dapat di terima. Dengan perhitungan menggunakan Profitability Index (PI), diketahui investasi bernilai lebih besar dari 1, yaitu sebesar 13,34    % maka investasi diterima. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Internal Rate of Return (IRR), diketahui investasi bernilai lebih besar dari tingkat bunga yang diisyaratkan, yaitu 50,69 %, maka investasi diterima