Rangkuman kick andy

Orang Orang yang melakukan perlawanan korupsi dengan caranya masing-masing.

Nilai nilai kejujuran dimasyarakat semakin menipis namun tidak dengan siswa siswi sekolah menengah pertama kanisius kudus jawa tengah, sejak di terapkannya pendidikan anti korupsi pada Desember  2005, untuk menanamkan pendidikan anti korupsi di sekolah ini memiliki sebuah warung kejujuran dimana para siswa secara mandiri melakukan transaksi dari memilih barang yg mau di beli sampai membeli barang tanpa diawasi, ibarat sebua Negara jika tidak jujur akan bangkrut begtu juga dengan halnya warung kejujuran ini, nilai kejujuran bias dilihat dari para pelajar dengan diadakannya jga telepon kejujuran meski tidak di awasi murid di tuntut untuk menerapkan nilai kejujuran di dalam dirinya. Di waktu senggang siswa siswi bias melakukan permainan ular tangga anti korupsi mereka bias belajar nilai nilai kejujuran yang dengan apa yang terkandung didalam permainan tersebut. Jujur cerdas dan anti korupsi.

 

Dan tidak hanya warung kejujuran dan telpon jejujuran kini ada juga yang namanya pom bensin eceran kejujuran. Kios bensin kejujuran milik bapak abdul mukti muraharjo yang berada dijalan peteran mojoroto Kediri , pak mukti yang sehari harinya berpropesi sebagai tukang becak  pak mukti membuka kios bensin eceran untuk menambah pengasailannya, beda dari kios bensin yang lain kios bensin ini tanpa diawasi pemiliknya pembeli diharapkan menerapkan nilai kejujuran pada saat membeli bensin, pak mukti membuka kios bensin kejujuran dengan semangat kejujuran dengan harapan bias melatih masyarakat untuk memerangi korupsi.  Kios bensin ini di buka pada awal juni 2011, satu satunya pengaman dikios ini hanya tulisan di spanduk “ pom bensin kejujuran 24 jam menju surga “. Meski rugi hampir 5 juta  pak mukti tidak pantang menyerah untuk mengajarkan nilai kejujuran di masyarakat.

Begitu pula yang dilakukan remaja yang bernama fahma kelahiran bandung ini menciptakan game anti korupsi, ditunjukan untuk melatih usia usia dini yang suka bermain game di ipad untuk memerangi korupsi dan mengajarkan betapa buruknya sikap korupsi yang meraja lelea di Indonesia.

Analisis bedasarkan sudut pandang etika nilai dan norma.

Bedasarkan sudut pandang  etika bisa dipelajari bahwa perihatinnya masyarakat bahkan anak anak remaja yang sangat bersimpatik untuk memberantas  kejahatan kerah putih yang merajalela di Indonesia yang biasa di kenal sebagai koruptor dengan caranya yang unik.

Dan disini juga mengajarkan nilai nilai kejujuran yang saat ini sudah menjadi hal yang langka di masyarakat dengan adanya ide ide seperti warung kejujuran, kios bensin kejujuran dan game anti korupsi, untuk menimbulakan nilai kejujuran pada diri masyarakat dan membatu untuk memberantas korupsi.  Banyak norma noram yang terkandung di dalam pembahasan ini karna sangat menimbulkan hal hal yang positif dan kreatif.